Pembekalan dan pendampingan psikologi

Cimahi. Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat turut berpartisipasi dalam memberikan pembekalan dan pendampingan psikologi dalam rangka meningkatkan Sport Performance kontingen Bola voli putra TNI AD yang akan mengikuti Tournament Bola Voli Putra Angkatan Darat Asean TA. 2023 di Vietnam. Senin (25/09/23)

Dalam pelaksanaannya, Dispsiad mengirimkan dua orang Perwira Psikologi yaitu Kapten Caj Ade Nugraha, S.Psi., M.Psi. Psikolog dan Lettu Caj Ganis Ali Mukti, S.Psi., M.Si guna mendukung kegiatan tersebut. Kegiatan pembekalan psikologi dilaksanakan pada tanggal 21 dan 25 September 2023 di Disjasad Cimahi.

Kegiatan diawali dengan pengambilan data Self Assessment terkait kondisi kesiapan atlet dalam menghadapi kompetisi atau pertandingan. Aspek yang didalami antara lain Ketangguhan Mental Atlet, Kecemasan, dan Kemampuan untuk menghadapi tantangan atau hambatan. Kegiatan berikutnya yaitu Sharing Session tentang Latihan Mental yang dapat dilakukan secara individu atau mandiri sebagai seorang atlet.

Setelah mendapatkan gambaran tentang kondisi psikologis atlet, maka selanjutnya tim psikologi melaksanakan konseling terhadap beberapa atlet guna optimalisasi performance dalam menghadapi kompetisi selanjutnya. Pada sesi konseling tersebut diberikan insight kembali tentang pentingnya rasa percaya pada rekan satu tim.

Khusus bagi atlet muda yang baru bergabung, dilakukan pula konseling guna meningkatkan kepercayaan dan penyesuaian diri agar mampu bekerja sama dengan atlet senior di dalam tim yang telah terbentuk.

UPAKRIYA LABDHA PRAYOJANA BALOTTAMA
(Mengabdi untuk membentuk Prajurit berhasil guna dan berdaya guna)